Wednesday, 8 June 2011

Resume Perilaku Konsumen

BAB 1 : PENDAHULUAN
(CHAPTER 1 : INTRODUCTION)

Summarized by Pandudamai Insani Taufiq. (majoring in Agroindustrial Technology; Faculty of Agricultural Technology; Bogor Agricultural University; Bogor, Indonesia)

Based on Ujang Sumarwan.2003.Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasarn (Consumer Behavior : Theory and Application in Marketing)
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

PENDAHULUAN

Konsumen : Seseorang yang terlibat dalam suatu kegiatan dan penggunaan produk
- Konsumen Individu : Membeli barang dan jasa untuk digunakan sendiri
- Konsumen Organisasi : Meliputi organisasi dimana mereka harus membeli produk atau jasa untuk menjalankan seluruh kegiata organisasi

Pengertian Perilaku Kosumen
- Schiffman dan Kanuk (1994)
“ Perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunkan, mengunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk atau jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhannya.”
- Engel, Blackwell, dan Miniard :
“ Tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk atau jasa termasuk proses keputusan yang mengikuti tindakan itu.”
Manfaat hasil studi :
- Merancang bauran pemasaran
- Menetapkan segmentasi
- Merumuskan Positioning
- Memformulasikan analisis lingkungan bisnis
- Mengembangkan riset pemasarannya
Pihak yang berkepentingan:
1. Kelompok Riset Dasar
Periset akademik sebagai salah satu cara untuk mengembangkan pengetahuan yang unik tentang aspek perilaku konsumen.
2. Kelompok Berorientasi Aksi
o Organisasi Pemasar
o Organisasi Pemerintah
o Konsumen
Pemasar yang mengerti perilaku konsumen akan mampu memperkirakan kecenderungan konsumen untuk bereaksi terhadap informasi yang diterimanya, sehingga pemasar dapat menyusun strategi pemasaran yang sesuai.

No comments:

Post a Comment