Wednesday, 8 June 2011

Resume lagi,,

BAB 4 : PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI KONSUMEN
(Chapter 4 : Consumer Perception and Information Processing)

Summarized by Pandudamai Insani Taufiq (majoring in Agroindustrial Technology; Faculty of Agricultural Technology; Bogor Agricultural University; Bogor, Indonesia)

Based on Ujang Sumarwan.2003.Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasarn (Consumer Behavior : Theory and Application in Marketing)
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id


Proses ini dimulai dengan adanya paparan informasi yang disebut stimulus. Stimulus ini akan dipilah dan diseleksi oleh panca indera manusia dan diintrepetasikan maknanya.
Tahap pengolahan informasi :
- Pemaparan
- Perhatian : konsumen akan menyeleksi stimulus atau informasi mana yang akan menjadi perhatannya dan akan diproses kemudian.
- Pemahaman : seseorang mengintregasikan stimulus untuk memperoleh makna yang menyeluruh.
Saat dimana seseorang memberikan makna kepada stimulus dan tergantung kepada bagaimana stimulus diklasifikasikan dalam kaitannya dengan pengetahuan konsumen.
- Penerimaan : apa yang dihasilkan melalui proses pemaparan, perhatian, dan pemahaman.
- Retensi : informasi akan disimpan dalam memori jangka panjang. Memori ini akan mempengaruhi persepsinya terhadap stimulus yang baru.

No comments:

Post a Comment