BAB 2 : MOTIVASI DAN KEBUTUHAN
(CHAPTER 2 : NEEDS AND MOTIVATION)
Summarized by Pandudamai Insani Taufiq. (majoring in Agroindustrial Technology; Faculty of Agricultural Technology; Bogor Agricultural University; Bogor, Indonesia)
Based on Ujang Sumarwan.2003.Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasarn (Consumer Behavior : Theory and Application in Marketing)
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
MOTIVASI DAN KEBUTUHAN
Definisi Motivasi : Faktor pendorong dalam diri individu untuk bertindak dari hasil ketidaknyamanan yang muncul karena adanya kebutuhan yang tak terpenuhi.
Motivasi mempengaruhi perilaku pada tingkat dasar dan berdampak pada :
- Pilihan kriteria - Sikap
- Niat - Persepsi
- Proses Informasi - Pembelajaran dan Memori
Tipe Motivasi
Motivasi Manivestasi BEHAVIOUR Motivasi Laten
Kebutuhan (Felt Need) : - Primer - Sekunder - Utilitarian
Kebutuhan (Maslow) :
- Aktualisasi Diri
- Kebutuhan Ego
- Kebutuhan Sosial
- Kebutuhan Rasa Aman dan Keamanan
- Kebutuhan Fisiologis
Motivasi dan Strategi Pemasaran
Segmentasi Teori Motivasi Positioning
Segmentasi : Produk / jasa diarahkan untuk target pasar berdasarkan tingkat kebutuhan konsumen.
Positioning : Citra produk yang dilihat oleh konsumen
Kuncinya : Persepsi Konsumen
No comments:
Post a Comment