BAB 6 : PENGETAHUAN KONSUMEN
(CHAPTER 6 : CONSUMER’S KNOWLEDGE)
Summarized by Pandudamai Insani Taufiq (majoring in Agroindustrial Technology; Faculty of Agricultural Technology; Bogor Agricultural University; Bogor, Indonesia)
Based on Ujang Sumarwan.2003.Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasarn (Consumer Behavior : Theory and Application in Marketing)
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id
Pengetahuan konsumen jelas akan mempengaruhi keputusan pembelian. Tingkat pengetahuan produk pada konsumen terdiri dari kelas produk, bentuk produk, merek (brand), model atau fitur.
Pengetahuan atribut produk : atribut terdiri dari atribut fisik dan atribut abstrak
- atribut fisik : yang terlihat secara fisik
- atribut abstrak : bersifat subjektif dari masing-masing konsumen
Pengetahuan manfaat :
- manfaat psikososial : aspek psikologis (emosi, mood) dan aspek sosial (pandangan orang lain terhadap dirinya) yang dirasakan konsumen.
- Manfaat fungsional
Perilaku membeli memiliki urutan store contact, product contact, dan transaksi.
- Store contact : mencari outlet, pergi ke outlet, dan memasuki outlet.
- Product contact : mencari produk berdasarkan lokasi di toko, lalu mengambilnya dan membawanya ke kasir.
- Pada transaksi konsumen akan membayar produk yang diambilnya, apakah dengan tunai, kartu kredit, kartu debet, atau alat pembayaran lainnya
No comments:
Post a Comment